Brosur adalah istilah yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Lantas apa maksudnya brosur berfungsi sebagai iklan?
Pertanyaan mengenai apa yang dimaksud dengan brosur masih kerap mencuat. Pertanyaan tersebut terutama muncul sebagai soal-soal ujian anak sekolah.
Kerap kali anak sekolah diminta jelaskan fungsi brosur. Sejalan dengan itu, pemahaman terkait ciri-ciri brosur juga penting diketahui.
Apa Maksudnya Brosur Berfungsi sebagai Iklan?
Apa yang dimaksud dengan brosur dan ciri cirinya? Apakah fungsi utama brosur? Apakah brosur sama dengan iklan? Bagaimana bentuk brosur? Apa pengertian brosur dan fungsinya?
Itulah contoh pertanyaan senada yang sering bermunculan. Karena itu, artikel ini akan membantu pembaca menjawab sederet pertanyaan tersebut dengan menyajikan informasi seputar pengertian brosur.
Definisi brosur
Apa maksudnya brosur berfungsi sebagai iklan tidak lepas dari apa yang dimaksud dengan brosur itu sendiri. Karena itu, penting memahami definisi brosur.
Dikutip dari ruangguru.co, brosur adalah salah satu media periklanan. Bentuk umum dalam sebuah brosur ialah selembar kertas yang berisi kata-kata dan gambar.
Terdapat sejumlah brosur yang biasa ditemukan pada kehidupan sehari-hari, termasuk brosur untuk perekrutan siswa baru, kursus bahasa Inggris, makanan, dan lain sebagainya.
Dalam penerbitan sebuah brosur non-berkala, yang dapat terdiri atas satu hingga beberapa halaman. Itulah ciri-ciri brosur non-berkala.
Jika brosur lebih dari satu lembar, brosur atau pamflet dapat dicetak dalam kedua sisi dan dapat dilipat menjadi lembaran terpisah menggunakan pola lipatan tertentu.
Informasi dalam brosur biasanya ditulis menggunakan bahasa yang singkat dan jelas. Selain itu, ada pula desain brosur berwarna agar lebih menarik.
Fungsi brosur
Brosur memiliki sebuah fungsi sebagai informasi mengenai produk yang ditawarkan terhadap orang lain. Fungsi tersebut sekaligus menjelaskan apa maksudnya brosur berfungsi sebagai iklan.
Fungsi utama dalam brosur adalah untuk memberi tahu masyarakat umum tentang suatu produk yang ditawarkan secara terperinci.
Terdapat beberapa fungsi dari brosur ialah sebagai berikut:
Untuk memberi tahu pelanggan potensial sehubungan dengan perusahaan atau bahkan dalam layanan atau produk yang ditawarkan.
Pertahankan dalam sebuah konsep atau kriteria yang sama untuk semua produk atau brosur ataupun dalam sebuah layanan perusahaan.
Sebagai instrumen promosi yang menarik dan juga menawarkan kesempatan sebagai mempromosikan satu atau lebih produk atau layanan.
Sejalan dengan itu, terdapat beberapa tujuan dalam pembuatan sebuah brosur, diantaranya ialah sebagai berikut:
Memberikan sebuah informasi.
Untuk mempromosikan sebuah brosur yang akan ditawarkan.
Dapat meningkatkan daya tarik dalam suatu produk.
Sebagai identitas terhadap sebuah produk.
Ciri-ciri Brosur
Berikut merupakan beberapa karakteristik atau ciri-ciri dalam sebuah brosur:
Secara umum, terdapat satu pesan yang harus dikirim.
Dijual secara terpisah dengan seorang produsen brosur.
Mempunyai sebuah konten atau isi yang ringkas dan jelas.
Dalam penerbitannya, hanya sekali saja tidak boleh lebih.
Untuk dapat memformalkan, membujuk, mengedukasi, atau mempengaruhi orang agar si pelanggan untuk membeli sebuah produk yang nantinya akan ditawarkan.
Desainnya dirancang semenarik mungkin untuk menarik perhatian masyarakat atau publik.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Aktifkan Notifikasimu
Aktifkan
Blogspot Auto Post Indonesia => https://malasnulis.my.id
Inilah cara menulis artikel secara otomatis di blogger!
Comments
Post a Comment