Membuka usaha di depan atau di teras minimarket dapat menjadi pilihan Anda.
Selain dari segi biaya terhitung relatif murah, membuka usaha atau booth di depan minimarket sesuai di Indomaret atau Alfamart akan berpeluang besar untuk dilirik banyak orang.
Dengan banyaknya pengunjung yang berbelanja di minimarket tersebut, peluang usaha Anda dibeli pun meningkat.
Indomaret
Marketing Director Indomarco Prismatama (Indomaret) Wiwiek Yusuf mengungkapkan, untuk harga sewa bervariatif. Dimulai dari harga Rp 250.000 hingga dengan Rp 350.00 per bulan. Namun, harga ini disesuaikan dengan lokasi toko. "Bahkan, adapula yang hingga Rp 500.000 per bulannya. Itu sudah bersih termasuk listrik," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/6/2021). Sementara untuk prosedur supaya dapat berjualan di teras Indomaret, calon pengusaha dapat menanyakan langsung ke toko Indomaret yang dirasa memang cocok.
"Lalu pastikan apakah ada alokasi untuk tempat UMKM berjualan atau yang sering kami sebut UMKM teras. Kalau ada, minta contact team development sewa ke team toko," jelasnya. Setelah itu Anda juga harus mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di setiap toko Indomaret. Kemudian, menyerahkan foto copy KTP. "Selain itu calon pengusaha yang ingin membuka di teras Indomaret tidak boleh menjual produk yang dijual di Indomaret. Calon pengusaha atau kami juga tidak menyediakan tempat makan sama sekali," ucapnya.
Alfamart
Sementara di Alfamart, harga sewa beda tipis dengan harga sewa di Indomaret. GM Corporate Communication Alfamart Nurahman mengungkapkan, bagi calon pengusaha yang ingin membuka usahanya di teras Alfamart hanya perlu membayar biaya sewa rata-rata antara Rp 600.000 di luar Jabodetabek dan Rp 700.000 di wilayah Jabodetabek. "Biaya sewa ini sesuai dengan daerah toko masing-masing rata-rata antara Rp 600.000 di luar Jabodetabek dan Rp 700.000 di Jabodetabek. Harga tersebut belum termasuk PPN 10 persen," katanya. Dia menjelaskan, harga tersebut dibayarkan per bulan di awal periode sewa. Para penyewa juga memperoleh berbagai fasilitas dari Alfamart. "Ini termasuk listrik 200 watt. Sementara untuk air dapat didapat dari kamar mandi toko, untuk kebutuhan seperlunya," ungkapnya. Sementara itu untuk cara pendaftarannya dijelaskan dia, ada 3 cara. Pertama, calon tenant dapat datang langsung ke kantor cabang, dan bertemu dengan Branch Tenant Support (BTS) untuk berdiskusi soal lokasi dan melakukan administrasi. Cara kedua, calon tenant mendata dirinya melalui toko (etrans toko) yang selanjutnya, dikemudian hari akan dihubungi oleh BTS, untuk di undang ke kantor cabang.
Lalu, cara yang ketiga adalah alon tenant mendaftar melalui https//tenant.alfamart.co.id/public/ Untuk alurnya, calon tenant akan melakukan survey lokasi toko yang diminati untuk berjualan. Lalu calon tenant melakukan adminitrasi (pembayaran) dan menerima surat kerjasama sewa tempat (SKST) serta menerima surat ijin penempatan Booth di toko. "Setelah itu member tenant menunjukkan surat ijin penempatan booth ke Pejabat Toko dan member Tenant sudah dapat mulai berjualan," ungkap dia.
Aktifkan Notifikasimu
Aktifkan
Cara Menulis Artikel Otomatis di Blogger
Comments
Post a Comment