Terkadang, seberapa pun menyenangkannya pada hari-hari tertentu, tempat kerja dapat jadi memberimu tekanan dan menyebabkanmu stres. Tapi, kalau sumbernya stress di tempat kerja, satu-satunya jalan yang perlu kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menghadapi sumber stres itu.
Untuk mengatasi secara efektif, kamu perlu mengidentifikasi apa yang jadi pemicu stresmu. Kepribadian, pengalaman, dan karakteristik unik di dirimu menentukan bagaimana kamu merespons masalah dan mengatasi stres.
Peristiwa yang menyulitkan bagi rekan kerjamu belum tentu berefek sama padamu. Atau justru kamu sangat sensitif terhadap hal yang bagi orang lain sama sekali tidak memberatkan.
Untuk mulai mengatasi stress di tempat kerja, kenali pemicunya. Selama satu atau dua minggu, kamu dapat catat situasi, peristiwa, dan orang-orang yang membuatmu merespons secara negatif baik dalam tataran fisik, mental, atau emosional.
Setelah bikin catatan, ingat untuk deskripsikan detail setiap situasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang lebih kritis: di mana posisimu pada peristiwa itu, siapa yang terlibat, apa reaksimu, dan bagaimana perasaanmu?
Evaluasi catatanmu tentang penyebab stress di tempat kerjamu
Kamu mungkin dapat langsung menemukan penyebab stres yang jelas, sesuai ancaman kehilangan pekerjaan sesuai di-PHK atau adanya hambatan di proyek kerjamu.
Kamu juga mungkin dapat mengamati lagi hal-hal di luar pekerjaan yang mempengaruhi performamu, sesuai perjalanan panjang komuter yang perlu ditempuh atau bagaimana orang-orang merespons soal tempat kerjamu.
Hadapi pemicu stress di tempat kerjamu
Setelah mengidentifikasi pemicu stresmu, pertimbangkan setiap situasi untuk mencari cara mengatasinya. Anggap, misalnya, bahwa kamu terlambat bekerja karena kamu pergi lebih awal untuk menjemput anak dari sekolah.
Atau, mungkin pemicunya adalah karena kamu menghabiskan waktu untuk mengurus keperluan di rumah. Atau kamu berusaha menyisihkan waktu kerja di kantor dengan mempersingkat jam makan siang, mengerjakan pekerjaanmu secepatnya, supaya dapat cepat menyelesaikannya.
Kerapkali, cara terbaik untuk mengatasi stress di tempat kerja adalah dengan menemukan cara untuk mengubah keadaan yang menyebabkannya.
Perbaiki keterampilan manajemen waktumu
Selain mengatasi pemicu stres, kamu juga perlu meningkatkan keterampilan manajemen waktumu–terutama jika kamu cenderung merasa kewalahan atau berada di bawah tekanan tempat kerja.
Untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja, kamu perlu menetapkan tujuan realistis. Bicarakan dengan rekan kerjamu, tetapkan harapan dan tenggat waktu yang realistis untuk kalian. Lantas, buat daftar prioritas. Siapkan daftar tugas yang diurutkan berdasarkan prioritas.
Sepanjang hari, tugasmu adalah memastikan daftar tugas itu berjalan baik. Kelola waktumu, untuk proyek yang sangat penting dan sulit, batasi waktumu untuk mengerjakan hal-hal tanpa gangguan, terutama untuk memecahkan proyek-proyek besar menjadi langkah-langkah kecil.
Berikan kesempatan bagi dirimu untuk mengganti sudut pandang
Saat stress di tempat kerja, kamu akan merasa persoalan menghantui dan mengambil alih hidupmu. Untuk mengatasinya, kamu dapat coba mengubah sudut pandang. Bicaralah dengan rekan kerjamu atau teman yang kamu percaya tentang masalah yang kamu hadapi di tempat kerja. Mereka mungkin dapat memberi wawasan atau menawarkan saran untuk mengatasi masalah. Kadang, hanya dengan membicarakannya pun dapat membuatmu merasa lega.
Kamu juga dapat ambil waktu yang cukup untuk istirahat. Gunakan istirahat hari kerja sebaik-baiknya. Bahkan, beberapa menit waktumu untuk menyendiri selama hari kerja yang sibuk mestinya dapat menyegarkan. Stress di tempat kerja selama ini tentu membuatmu tertekan.
Berusahalah untuk keluar dari tekanan itu. Kamu dapat menjauhkan diri dari pikiran tentang pekerjaan ketika tidak sedang di kantor, sesuai tidak usah memeriksa email pekerjaan di rumah pada malam hari, atau memilih waktu untuk mematikan ponsel.
Untuk menghentikan kejenuhan, kamu juga dapat sisihkan waktu bagi aktivitas yang kamu sukai, sesuai baca, ketemu teman, atau menjalani hobimu. Dan, yang pasti, jaga dirimu. Lakukan kegiatan fisik dalam rutinitasmu, banyak tidur dan makan menu yang sehat juga penting.
Tahu kapan waktunya untuk cari bantuan profesional
Kalau langkah-langkah di atas belum cukup meringankan stress di tempat kerja atau kelelahanmu, coba konsultasikan dengan temanmu untuk mencari penyedia jasa konsultasi kesehatan mental. Kamu dapat cari sendiri juga atau minta rekomendasi dari HR kantormu untuk dapat program bantuan karyawan. Dengan konseling, terkadang kamu dapat belajar cara-cara efektif untuk mengatasi stres.
Sumber: Mayo Clinic
Comments
Post a Comment